Rabu, 11 April 2012

AMBAIEN

penyakit ambaien atau wasir atau haemorrhoides disebabkan oleh penggembungan buluh pada bagian terbawah dari poros usus, baik di sebelah dalam maupun di sebelah luar dari luban dubur. nampakny seperti bisul, warnanya merah kebiru-biruan. besarnya kadang-kadang sampai sebesar kelereng. pengembunagan ini dikarenakan oleh hal-hal yang menghalangi mengalirnya darah perut, terutama kalau ada gangguan limpa, sembelit yang menahun, dalam perut besar banyak kotoran, pengaruh terllu banyak duduk dan tindihan yang besar terhadap poros usus pada waktu dalam hamil.tanda-tandanya:
  1. terasa tekanan panas pada bagian poros usus da gatal-gatal pada sekeliling.
  2. tedapat benjol-benjol atau biintil-bintil di sekeliling lubang dubur dan biasanya berwarna merah kebiru-biruan.
  3. buang air besar (berak) susah dan terasa sakit pada waktu akan melepasakan kotoran.
  4. kadang-kadang mengeluarkan darah sedikit-sedikit atau meleleh dalam dubur.
  5. lidah tebal dan napas agak berbau.
perawatannya :
  1. berilah si penderita makan yang lunak-lunak dan tidak banyak meninggalkan ampas yang membantu.
  2. berilah ia minum banyak banyak, terutama air perasan buah jeruk, tomat dan nanas.
  3. agar-agar, cendol camcau dan cendil biji selasih baik juga diberikan kepadanya kalau-kalau haus.
  4. bila mungkin, berikan juga kepadanya air lahan/nira yang masih segar setiap hari.
  5. hindarilah makanan-makan yang pedas-pedas dan minuman yang banyak mengandung alkohol.
  6. demahlah dengan kompres panas dan dingin berganti-gati pada bagian poros usus/dubur 2x sehari!
  7. usahakan agar ia dapat mandi duduk air panas tiap hari.(sebaiknya sebelum melakukan mandi duduk beri ia minuman dingin sebanyak-banyaknya).
  8. usahakanlah supaya ia dapat berolahraga ringan.
  9. kurangilah makanan yang mengandung lemak.
pengobatan :
  1. lempuyang wangi 3/4 jari, dicuci bersih lalu diparut diberi air bersih 2 sendok makan dan grm sedikit, diperas dan di saring lalu di minum (2x sehari 1 sendok.
  2. daun lidah buaya 1/2 batng, buang durinya, dicuci bersih lalu di parut, diberi air masak 1/2 cangkir dan madu 2 sendok makan , diperas dan disaring lalu diminum(3x sehri sekian)
  3. daun andewi 10 lembar, dicucibersih lalu dimakan sebagai ulam bersama-sama dengan nasi (2-3 sehari sekian).
  4. daun pagagan (daun kaki kuda ) 10 lembar , akarnya 10 jari, batangnya 8 jari, bunganya 10 kuntum dan buahnya 1 sdm tumbuhan kaki kuda, di cuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih 4 gelas sampai tinggal kira-kira 3/4 nya; sesudah dingin disaring lalu diminu (3x sehari 3/4 gelas)
  5. daun kejibelin 10 g, dicuci da dipotong-potong seperlunya, direbus dengan air bersih sampai tinggal kira-kira 3/4nya; setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu (2x sehari 3/4 gelas)
  6. akar kangkung 3/4 genggam dicuci lalu direbus denagn air 3 gelas sehingga hany tinggal kiara  1/2 nya sesudah singin di saring lalu diminum (2x sehari 3/4 gelas).
  7. tembakau yang enak sebesar buah duku, direndam dalam air bersih 1 menit lalu disumbatkan ke dalam dubur sebelum pergi tidur (1x sehari sekian).
  8. bawang merah 3 butir, digiling halus-halus, dicampur dengan serbuk belerang 1 sendo, diremas dengan minyak kelapa 2 sendok, untuk melumaskan sekitar dubur yang sakit (2x sehari seperlunya).
  9. daun patikan cina 1/3 genggam, rimpang kunyit 1 jari, gul enau 3 jari, dicuci dan dipotong-seperlunya direbus dengan air bersih 4gelas sehingga hanay tinggal 3/4 nya; sesudah dingin disaring lalu diminum (3x sehari 3/4 glm0.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar