Rabu, 04 Januari 2012

DISENTRI


DISENTRI
Penyakit ini ditandai dengan timbulnya mencret bercampur darah dan lendi. Penyakit ini mudah menular. Cara penularanya dari orang ke orang lainya melalui alat pencernaan pada waktu orang makan atau minum minuman yang mengandung bibit penyakit disentri. Kalau penyakit ini dibiarkan maka akan membuat daya tahan tubuh menurun cepat.

Gejalanya sebagai berikut :
a.       Perut terasa mual dan sakit. Buang air besar berulang -ulang kadang sampai lebih dari 20 kali sehari.
b.      Kotoran cair bercampur darah dan nanah serta kelihatan hijau dan kotor berselaput ingus dan lendir baunya amis.
c.       Panas badan tinggi.
d.      Badan lemah dan terasa dahaga.
Pengobatannya :
a.       Berikanlah makanan yang cair dari bahan-bahan makanan yang taka berampas secukupnya sampai penderita tidak mencret lagi.
b.      Usahakan si sakit sering membersuhkan mulutnya.
c.       Ambil turi yang berbunga merah, daunnya ½ genggam, kulitnya 1 jari, akarnya 2 butir dan bunganya 5 kuntum, setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus-halus, diberi air masak tiga perempat gelas minum dan garam sedikit, peras dan saring lalu minum 2kali sehari.
d.      Getah gambir sebesar  telur cecak, dibakar lalu seduh dengan air mendidih 1 cangkir dan ditambah kapur sirih sedikit, setelah dingin atau suam-suam kuku diminum 2x sehari.
e.      Jambu biji, ambl daunnya 15 lembar, kulitnya 3 jari, akarnya 3 butir, dan bunganya 4 kuntum, direbus dengan air bersih 4 gelas minum sampai setengahnya saja, sesudah dingin disaring lalu diminum 2x sehari 1 gelas.
f.        Bunga pisang kepok 10 kuntum , dicuci bersih bersih, dikanyah halus-halus dengan garam sedikit, airnya teras diminum 3x semalam.
g.       Daun singkong yang bertangkai merah 7 tangkai, dimasak dengan tajin(air  tanakan beras) dan garam sedikit sesudah masak dan dingin mkan 3x sehari semalam.
h.      Buah pinag yang telah tua 1 buah, ditumbuk halus-halus, diberi air masak 1 cangkir dan garam sedikit, diperas dan disaring lalu dimakan 1x sehari.
i.         Kulit buah rambutan 10 buah, direbus dengan air bersih 3 gelas hingga tinggal ½ nya saja, sesudah dingin disaring lalu diminum 2x sehari ¾ gelas.
j.        Kulit batang kemir ½ jari, dicuci bersih bersih, dikunyah-kunyah terus ditelan dilakukan 3x sehari.
k.       Asam lama(kawak) 2 jari, kunyit 2 jari, gula enau 2jari, garamsebesar biji asam, ditumbk halus-halus, diberi air masak 1 cangkir, diperas lalu disaring diminum 2x sehari.
l.         Serbuk kopi murni 1 sendok teh, serbuk daun pepaya(yang telah dikeringkan dengan diangin-anginkan saja) 1 sendok teh, diseduh dengan air panas 1cangkir dan diaduk baik-baik, sesudah dingin diminum 3x sehari.
m.    5 rumput teki, cucilah sampai bersih dan keringkan. Setelah kering ditumbuk sampai halus. Tepung dari rumput teki diseduh dengan air panas. Airseduhan ini lalu diminum pada waktu pagi dan malam hari.
10 buah kurma. Cuci bersih dan jemur diterik mataharisampai benar-benar kering, kemudian disangrai, bisa juga dibakarsampai hangus, lalu ditumbuk sampai halus. Slanjutnya 1 sendok makan bubuk tersebut diseduh dengan setengah gelas air panas. Setelah dingin berikan pada penderita untuk minum 2x sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar